Cari Di Sini

Cara Meningkatkan Rasa PD

Cara Meningkatkan Rasa PD

Seperti komputer, hidup kamu sekali-sekali perlu di “restart”. Mau tahu caranya? Cukup ikuti sepuluh langkah asyik yang pastinya bikin kamu tambah menarik, percaya diri, dan banyak teman. Seringkali kamu merasa bosan dan nggak jelas dalam menjalani hidup. Kalau keadaan kamu lagi ‘hang’ gitu mendingan `restart’ dulu diri kamu. Gampang kok! Semua masalah yang ada dalam hidup kamu banyak berhubungan dengan rasa percaya diri. Jika kamu punya segudang percaya diri (PD) pastinya kamu bisa melewati segala hal dengan tersenyum lebar. Eiitss, tapi jangan percaya diri berlebihan ya.

1. Stop Bandingkan Diri Kamu Dengan Orang Lain
Si A lebih keren, si B lebih kreatif, C lebih kaya… Hey! Stop membandingkan diri kamu dengan orang lain. Kenapa juga harus pusing mikirin orang lain. Cara berpikir semacam itu akan membunuh rasa percaya diri kamu. Kenapa juga harus memikirkan sesuatu yang malah bikin kamu makin down. Istilahnya, ciptakan permainan yang kamu pasti menang dan jangan ikuti permainan yang kamu pasti kalah. Gampang kan?!

2. Buang Semua yang Negatif
Pikiran negatif nggak ada gunanya selain bikin kamu tambah pusing. Kamu nggak bakalan PD kalau terus berpikir yang jelek-jelek tentang diri kamu sendiri. Kalau bukan kamu, siapa lagi yang paling sayang sama diri kamu sendiri. Jangan disakitin terus dong! Jangan berlarut-larut dalam sebuah kesalahan. Nggak salah nggak belajar kan?

3. Kampanye Personal
Kalau bukan kamu siapa lagi yang bisa mempromosikan diri kamu. Sebelum ke orang lain, coba ke diri kamu sendiri. Simpan dalam benak kamu kalimat-kalimat yang bikin kamu tambah PD. Ulang berkali-kali ketika kamu mulai down. Jangan nyerah dong. Ini demi kamu banyak pernyataan positif yang juga lho! Semakin masuk ke otak kamu, semakin tergeser kata-kata negatif yang pernah terlintas di telinga kamu. lbaratnya air dan minyak. Anggap saja sebuah gelas berisi air dan minyak. Air adalah pikiran positif dan minyak adalah pikiran negatif. Semakin sering kamu si gelas itu dengan air maka lama-lama minyak pun akan hilang atau habis sama sekali. So, stay positive ya!

4. Terima Pujian Dengan Gembira
Kalau kamu sudah punya pikiran positif tadi, hidup kamu pasti lebih ceria. Pujian mulai berdatangan. Terima pujian-pujian itu dengan hati gembira. Jangan dibuang atau dilupakan begitu saja. Pujian sangat penting untuk memotivasi kamu. Kalau perlu tulis di kertas yang cantik letakkan di kamar tidur kamu. Pasti senang banget mengingat saat pujian-pujian itu dilontarkan ke kamu. Tapi inget lho! Pujian itu bukan untuk membuat kamu terbuai, tapi untuk membuat kamu semakin termotivasi.

5. Jangan Malu Belajar
Saat ini banyak banget buku, kursus, atau workshop kepercayaan diri yang digelar di mana-mana. Pilih yang kamu suka dan cocok, lalu ikuti sepenuh hati. Selain nambah teman, pelatihan semacam itu benar-benar bermanfaat untuk mendongkrak rasa percaya diri jika kamu mengikutinya dengan sepenuh hati. Kalau di situ kamu bisa belajar tambah PD, menghargai orang lain, menjadi orang yang lebih menarik, dan berperilaku positif, kenapa harus malu?

6. Gabung Dengan Orang-orang yang ‘Positif’
Jangan rusak aura positif kamu dengan bergabung bersama orang-orang yang beraura negatif. Teman yang suka muram, cemberut, ataupun pemarah bisa merusak aura positif kamu. Sedangkan orang-orang yang positif bisa bikin kamu tambah PD, menarik, dan cemerlang. Hey, tapi bukan berarti teman-teman itu ditinggalkan gitu aja lho! Kamu sebagai orang yang positif pastinya bisa bantu mereka jadi orang baru yang lebih okey! Kalau teman kamu sudah berubah meniadi positif pastinya kamu akan merasa lebih senang dan lebih berarti. Percaya deh!

7. Kenali Kelebihan Kamu
Diri kamu yang baru sekarang sudah mulai terbuka. Nah, kenali dong kelebihan-kelebihan kamu. Kelebihan kecil apapun yang kamu miliki wajib dihargai. Kalau kamu nggak tahu apa kelebihan kamu, tanya sama teman. Jangan sekali-sekali menganggap remeh kemampuan dan kelebihan kamu. Melakukan hal itu, bisa bikin kamu langsung drop. Hati-hati!

8. Jangan Suka Memendam
Apapaun yang dipendam pastinya nggak akan baik. Senang, sedih, bete, apapun itu bagi dong ke teman. Selain bisa makin akrab siapa tahu dengan cerita, bisa tambah teman baru. Semakin kamu diam dan memendam kekesalan, kamu semakin membiarkan diri kamu disakiti. Tapi inget, pilih-pilih teman yang tepat dan situasi yang mendukung.

9.Kontribusi Positif
Setelah membuat diri kamu semakin positif sekarang saatnya berbagi ke orang lain. Lakukan hal-hal yang bikin teman dan sekitar kamu senang. Menolong orang, memberi pujian, mendengarkan keluh kesah atau sekedar menyapa dengan senyum tulus bisa bikin kamu tambah happy dan positif. Hal-hal semacam itu bisa membuat diri kamu merasa berharga dan berguna untuk orang lain. Hasilnya, pasti kamu tambah PD dan semakin berkilau!

10.Aktivitas yang Menyenangkan
Libatkan diri kamu dalam berbagai aktivitas. Apalagi buat yang masih belum menikah. Jangan banyak membatasi diri selagi bisa. Cari teman positif sebanyak mungkin. Gabung dengan klub ataupun kegiatan yang menarik minat serta hobi. Di luar karir, pastinya kamu juga bisa mencatat prestasi lain yang nggak disangka-sangka.
Terakhir…….Mulai dari sekarang dan jangan pernah menyerah! Gagal sedikit kan wajar, ulangi lagi dong. Masih ingat kan prinsip minyak dan air tadi. Lets get started!

Artikel menarik lainnya :
Tips Wawancara Kerja I
Berhenti Saja?
Tips Menjadi Lebih Cerdas Atau Tampak Lebih "Cerdas"
Tempat Terbaik
Pemenang VS Pecundang
Tips Wawancara Kerja II





4 comments:

iya memang sobat..
terkadang kita merasa minder dengan sesorang dalam keadaan yang terdesak kuga :(
ok sobat keren infonya..
terimaksih banyak dan salam persahbatan

Betul setuju sekali apa yang Bro tulis.

AgenPru Online.

Rasa minder itu tak baik lho

Sangat bermanfaat banget gan Terima kasih back juga di http://kumpullinfo.blogspor.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More