Cari Di Sini

Tips Menjadi Lebih Cerdas atau Tampak lebih "Cerdas"

Tips Menjadi Lebih Cerdas
Dengan bekerja yang benar Anda dapat menjadi lebih cerdas, tetapi ada juga beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk tampil menjadi lebih cerdas / pandai (intelligent), dan Anda dapat menggunakan beberapa hal tersebut sekarang juga. Jadi, jika Anda ingin mengesankan atasan/boss Anda atau teman-teman Anda dengan kecerdasan Anda, cobalah beberapa teknik berikut ini. Beberapa teknik ini bisa juga meningkatkan kemampuan berpikir Anda.

1. Pelajarilah topik yang sedang hangat saat ini (current topic).
Setiap orang mempunyai pendapatnya sendiri-sendiri mengenai kejadian-kejadian yang ada dalam berita, tetapi biasanya mereka tidak tahu banyak akan hal tersebut. Pelajarilah secara lebih mendalam satu topik tertentu yang sedang hangat saat ini, dan punyailah satu pendapat/pandangan yang berbeda dan Anda pasti akan kelihatan lebih cerdas daripada orang-orang lain. Jika isu pajak sedang ada dalam berita, contohnya, tidak akan banyak orang yang tahu apakah “Kurva Laffer” (Laffer Curve) itu, dan mengapa kurva ini begitu penting. Jika Anda dapat menjelaskan secara sederhana tetapi gagasan / ide Anda relatif tidak banyak orang yang tahu, Anda akan menjadi satu-satunya orang yang bisa menjelaskan isu tersebut.

2. Buatlah percakapan (conversation).
Tetaplah fokus pada topik yang Anda ketahui, dan Anda akan kelihatan lebih cerdas. Jika ada beberapa hal dimana Anda adalah orang yang tahu lebih banyak (knowledgeable), arahkan pembicaraan ke hal-hal tersebut.

3. Gunakan pertanyaan agar kelihatan cerdas.
Berikan pertanyaan yang Anda tahu jawabannya. Segeralah lanjutkan jawaban orang lain dengan satu penjelasan atau pertanyaan lain, dan Anda akan kelihatan telah memahami masalah tersebut dengan cepat.

4. Habiskan waktu dengan orang-orang pintar/cerdas.
Orang-orang akan memperhatikan jika Anda bergaul (hang out) dengan orang-orang paling pintar di sekitar Anda. Anda juga bisa belajar banyak. Namun, jangan banyak bicara, kecuali sesekali bertanya satu pertanyaan yang cerdas.

5. Perbanyak kosa kata Anda (vocabulary)
Bacalah “Enrich Your Vocabulary” bagian dari Reader’s Digest atau bukalah kamus setiap hari dan pilih satu kata untuk dipelajari. Kosa kata yang lebih banyak akan mengesankan orang-orang, dan Anda juga akan menjadi lebih cerdas, karena bahasa adalah satu bagian besar kecerdasan fungsional – tetapi pastikan untuk memperhatikan peringatan berikut ini.

6. Ketahuilah bagaimana menggunakan kata-kata.
Anda mungkin akan mengesankan orang-orang dengan satu kosa kata yang lebih baik, tetapi pemakaian suatu kata secara tidak tepat dapat dengan segera menurunkan pendapat mereka akan kecerdasan Anda. Tingkatkanlah kosa kata tersebut, tetapi gunakan kata-kata tersebut hanya jika Anda tahu pasti bahwa pemakaiannya tepat.

7. Punyailah keahlian khusus dalam bidang yang tidak jelas (obscure specialty).
Anggaplah Anda tahu sedikit banyak tentang sejarah orang Inuit atau asal muasal pertambangan emas. Anda mungkin akan menjadi satu-satunya orang dalam ruangan yang mengetahui segala sesuatunya tentang hal tersebut. Ini akan membuat Anda beda dari yang lain, dan kesalahan-kesalahan yang Anda buat akan lewat tidak terdeteksi secara baik. Bicaralah sedikit tentang “keahlian khusus di bidang tertentu (specialty)” Anda untuk mengesankan, tetapi hati-hati jangan membosankan audiens Anda dengan terlalu banyak pengetahuan yang tidak jelas (obscure).

8. Mainkan beberapa permainan kecerdasan.
Banyak orang segera berpikir Anda lebih cerdas ketika mereka tahu Anda bermain catur – dan bermain catur bisa juga membantu Anda menjadi lebih cerdas. Scrabble juga akan mengesankan, dan meningkatkan kosa kata Anda.

9. Hargailah secara terbuka pendapat-pendapat orang lain.
Ketika seseorang mempunyai satu gagasan besar atau satu pemahaman yang unik atas suatu isu, lengkapilah pendapat mereka untuk menghargainya. Jika kita mengakui kecerdasan orang lain, mereka seringnya akan berpikir Anda lebih cerdas.

10. Pelajarilah sedikit tentang banyak topik.
Disamping membaca majalah favorit yang biasa Anda baca, bacalah juga beberapa majalah yang membahas topik yang tidak biasa bagi Anda (unfamiliar). Mengetahui sedikit tentang banyak hal bukan hanya membuat Anda kelihatan lebih banyak tahu, tetapi juga dapat membantu Anda menjadi lebih cerdas.

Catatan: Hati-hatilah juga, janganlah Anda terlalu sering menunjukkan (show off) dengan selalu tampil seolah-olah Anda paling tahu daripada orang lain dan menganggap orang lain tidak lebih tahu dari Anda, karena hal ini seringkali akan membuat orang lain sebal kepada Anda.

Artikel menarik lainnya :
5 Tips Untuk Orang Awam
Berhenti Saja?
Cara Meningkatkan Rasa PD
Tempat Terbaik
Pemenang VS Pecundang
Redam Stress Dengan Membaca





3 comments:

Hmmm benar juga gan tips2nya... Tx

Ini kelihatannya tips agar dianggap cerdas... bisa juga menjadi cerdas ya.. Peace :)

nice tip you've got here. thanks for sharing

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More